909 Km Jalan Perbatasan di Papua Tumbuhkan Kawasan Ekonomi

909 Km Jalan Perbatasan di Papua Tumbuhkan Kawasan Ekonomi
Pembangunan jalan perbatasan Indonesia-Papua Nugini terus dilanjutkan. Kondisi saat ini sudah tembus 909 km dari total 1.098 km jalan perbatasan yang menghubungkan Merauke dengan Jayapura.

Ditargetkan, jalan perbatasan Papua ini bisa tembus sepanjang 919 km pada akhir 2018, dengan jalan beraspal 747 km dan perkerasan tanah/agregat sepanjang 172 km.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jalan ini bertujuan untuk mendukung pengembangan pusat pertumbuhan di kawasan perbatasan.

"Pembangunan kawasan perbatasan bukan hanya untuk gagah-gagahan, tetapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perbatasan dengan menciptakan embrio pusat pertumbuhan baru. Seperti di Skouw, transaksi yang dilakukan dengan warga Papua Nugini tidak hanya sekadar makanan kecil namun juga emas," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu (18/11/2018).

Beberapa manfaat telah dirasakan masyarakat garis terluar negara di Papua dengan adanya jalan perbatasan ini. Semisal waktu tempuh antar pusat ekonomi wilayah yang semula dalam bilangan minggu, bisa dipersingkat menjadi hitungan hari dan bakal jadi hitungan jam bila kondisi jalan sudah semakin baik. Dengan kemudahan transportasi barang dan manusia, diyakini itu akan berdampak pada penurunan harga barang dan jasa.

Post a Comment

0 Comments