TKI Yang Lumpuh Permanen di Taiwan di Fasilitasi Kepulangannya Oleh Pemerintah

TKI Yang Lumpuh Permanen di Taiwan di Fasilitasi Kepulangannya Oleh Pemerintah
Pemerintah memfasilitasi pemulangan Shinta Danuar, pekerja migran Indonesia di Taiwan asal Banyumas, Jawa Tengah yang menderita lumpuh permanen.

Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Maruli A Hasoloan mengatakan, Shinta Danuar merupakan pekerja migran legal asal Desa Purwodadi, Tambak, Banyumas. TKI berusia 26 tahun ini bekerja kepada majikan bernama Gao Jia Tai di Hsinchu City, Taiwan sejak April 2014 sebagai perawat orang sakit.‎

"Sesuai dengan koordinasi dengan KDEI Taipei dan jasa penerbangan, saudara Shinta akan dipulangkan ke Tanah Air tanggal 29 November 2018. Semoga tidak ada kendala,” ujar dia di Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Maruli menjelaskan, karena mengalami lumpuh permanen, pemulangan Shinta akan menggunakan ambulan khusus dari EMS (Emergency Medical Service) Taiwan yang disertai tim dokter. Biaya pemulangan ditanggung penuh oleh Kemnaker dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI.

"Pemerintah prihatin dengan kondisi Shinta, dan ingin memulangkannya sesuai permintaan keluarga,” lanjut dia.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Kemnaker, Soes Hindharno mengatakan, kondisi kesehatan Shinta bukan karena penganiayaan, tetapi memang karena sakit.

"Kepala bidang tenaga kerja KDEI Taipei, Indah Wijayanti akan mendampingi pemulangan bersama tim dan akan menyerahkan ke pihak RS Polri Kramatjati untuk perawatan selanjutnya,” kata dia.‎

Post a Comment

0 Comments