Bukti Bank Wakaf Mikro Mampu Bantu UMKM & Sejahterakan Rakyat

Bukti Bank Wakaf Mikro Mampu Bantu UMKM & Sejahterakan Rakyat
Pemerintah menjelaskan bahwa hadirnya program Bank Wakaf Mikro (BWM) bertujuan untuk memperluas akses keuangan bagi masyarakat. Untuk itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal memperluas BWM di beberapa daerah di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bagi masyarakat Indonesia.

“Pemerintah melalui OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mendorong pengembangan dan pemberdayaan UMKM dan ultra mikro dengan pembentukan Bank Wakaf Mikro di berbagai daerah. Ini dimaksudkan untuk memperluas akses keuangan masyarakat,” ujar Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK Ahmad Soekro dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (28/3/2018)

Dengan semakin luasnya akses keuangan, maka program BWM ini tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan. Apalagi,mengentaskan kemiskinan memang merupakan salah satu fokus utama pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Pemerintah sejak tiga tahun terakhir telah bekerja keras mengurangi kemiskinan. Kita bersyukur angka kemiskinan sudah menurun. Misalnya saja pada tahun 2015, angka kemiskinan ada pada 11,1%. Sedangkan pada tahun 2017 menurun jadi 10,12%,” terang dua.

Menurunnya angka kemiskinan tersebut sejalan dengan menurunnya angka kesenjangan di Indonesia. “Kerja keras Pemerintah juga bisa menurunkan kesenjangan. Kalo melihat rasio gini 0,41 pada tahun 2015, saat ini (2017) menurun di angka 0,391. Artinya, dalam tiga tahun kerja keras Pemerintah sudah bisa menurunkan angka kemiskinan,” paparnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data OJK, per 2 Maret 2018 sudah ada 10 BWM pada Pilot Project I dan 10 BWM pada Pilot Project II, yang memiliki 2.784 nasabah dengan total nilai pembiayaan yang telah disalurkan sebanyak Rp2.441,8 miliar.

Post a Comment

0 Comments