Hebat! 30.000 Sertipikat Tanah Akan Dibagikan Untuk Warga Lampung

Sampai Akhir Tahun Warga Lampung Akan Dibagikan Sertipikat Tanah Sebanyak 30.000
Presiden Joko Widodo terus membagikan sertifikat tanah kepada masyarakat, kali ini ada 1.300 sertifikat yang dibagikan di Lapangan Tennis Indoor Pemda Lampung Tengah. Dalam sambutannya, ia mengingatkan agar masyarakat memanfaatkan sebaik-baiknya sertifikat itu.

Apabila akan dijadikan agunan, Jokowi berpesan agar masyarakat menghitung keperluan dan cicilannya. Sehingga tak ada cicilan macet di tengah jalan.

"Saya hanya titip, sebelum dipakai agunan tolong dikalkulasi dulu kalau mau pinjam ke bank. Dihitung, dikalkulasi, bisa mencicil tidak setiap bulan. Kalau tidak bisa, enggak usah," kata Jokowi di lokasi, Jumat (23/11).

Selain itu, ia mengimbau agar masyarakat yang memakai sertifikat sebagai agunan untuk menggunakan uang pinjaman untuk hal yang produktif. Seperti membuat atau mengembangkan usaha, bukan membeli barang konsumtif seperti mobil.

"(Beli mobil dari utang) bulan pertama bisa ngangsur, bulan kedua bisa, begitu bulan keenam saya jamin enggak bisa ngangsur. Mobil ditarik diler, sertifikat diambil bank. Sudah hilang semua," tuturnya.

Lebih lanjut, Jokowi menerangkan program sertifikasi tanah merupakan upaya untuk menanggulangi sengketa tanah yang kerap kali terjadi. Terlebih, sengketa tanah sering muncul karena tak ada kepastian hukum atas tanah.

Saat ini, di Lampung ada 264 ribu sertifikat yang akan dibagikan. Tahun ini rencananya akan diberikan sebanyak 30 ribu.

"Sebagian sudah, sebagian di November-Desember ini akan diberikan. Hari ini 1.300 yang diberikan kepada Bapak/Ibu sekalian," jelas Jokowi.

Post a Comment

0 Comments