Karding: Angka Gizi Buruk Berkurang Sejak Jokowi Menjabat

Karding: Angka Gizi Buruk Berkurang Sejak Jokowi Menjabat
Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menanggapi Gerakan Emasyang digagas capres Prabowo Subianto untuk menekan angka stunting (gizi buruk). Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Kardingmenyebut angka gizi buruk sudah berkurang selama Presiden Jokowi menjabat.

"Gizi buruk atau angka stunting, gagal tumbuh anak itu sejak Pak Jokowi 2014 angkanya 38%. Alhamdulillah beberapa tahun ini secara bertahap bisa kita turunkan menjadi 30 persen dengan berbagai upaya, antara lain peningkatan gizi ibu hamil. Ketika dia hamil itu juga diberi asupan gizi oleh program pemerintah," kata Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding kepada wartawan, Kamis (25/10/2018).

Karding menuturkan salah satu fokus pemerintahan Jokowi adalah aspek kesehatan. Menurutnya, pemerintahan Jokowi sudah menjamin kesehatan masyarakat dengan kebijakan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Fokus kita pada membangun sistem kesehatan kita ditambah upaya pemerintah terus menerus, baik melalui KIS, kartu Indonesia sejahtera dan produk-produk kesehatan lain yang tujuannya men-support kesehatan masyarakat, termasuk jaringan kesehatan nasional BPJS dan sebagainya," ungkap Karding.

Selain itu, kader PPP bicara tentang 15 tahun perjuangan Prabowo dalam mengentaskan gizi buruk di Tanah Air. Karding menilai Prabowo tidak melakukan perjuangan itu secara konkret.

"Saya tidak melihat Pak Prabowo telah lama melakukan upaya-upaya yang secara konkret dengan pemenuhan gizi itu. Tetapi cara yang dipakai dengan memenuhi kebutuhan protein dari susu itu juga menurut saya kebijakan yang tidak membumi, yang tidak realistis, selain karena susu tidak semua orang familier di Indonesia juga dia mahal karena kandungan impornya tinggi karena diimpor ya," paparnya.

Prabowo bersama istri Sandiaga Uno, Nur Asia Uno, kembali mendeklarasikan Gerakan Emas kepada warga Klender, Jakarta Timur. Menurut anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Rahayu Saraswarti Djojohadikusumo, perjuangan Prabowo mengentaskan gizi buruk sudah dilakukan sejak 15 tahun lalu.

"Gerakan masyarakat ini berangkat dari keprihatinan dan kepedulian masyarakat yang terinspirasi dari kepedulian Prabowo Subianto yang telah memperjuangkan perbaikan gizi buruk bagi anak-anak selama 15 tahun lebih," kata Rahayu

Post a Comment

0 Comments