Jokowi Ucapkan Dukacita untuk Korban Banjir Sentani

Jokowi Ucapkan Dukacita untuk Korban Banjir Sentani
Presiden Joko Widodo menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban banjir bandang di Sentani, Papua. Banjir bandang di Sentani menewaskan setidaknya 78 orang.

Ucapan duka cita itu disampaikan Jokowi lewat akun Twitter pribadinya @jokowi pada Senin pagi, 18 Maret 2019. Dalam cuitannya, Jokowi mengunggah sketsa burung cendrawasih di dalam peta Papua dengan berlatar hitam.

"Duka cita mendalam kepada seluruh keluarga korban banjir bandang di Sentani, Papua," cuit Jokowi.

Ia melanjutkan, saat ini proses evakuasi terus dilakukan. Pihak-pihak terkait juga sudah diterjunkan untuk penanganan pascabencana.

"Saat ini sementara proses evakuasi para korban dilakukan, penanganan bencana banjir langsung dikerjakan oleh tim gabungan Kementerian PUPR, BNPB dan BPBD, TNI, Polri, relawan, dan warga setempat," kata dia.

Banjir yang terjadi sejak Sabtu (16/3) malam itu dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi. Faktor penting yang membuat banjir begitu dahsyat adalah botaknya Pegunungan Cycloops. Akibatnya, longsor gampang terjadi.

"Kemudian digunakan untuk beberapa kebun, ladang dan sebagainya sehingga kerusakan hutan sudah berlangsung beberapa tahun sebelumnya," tutur Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho saat jumpa pers di Gedung BNPB, Jl Pramuka Raya, Jakarta, Minggu (17/3) kemarin.

Post a Comment

0 Comments