Survei: Mayoritas Ormas Islam Dukung Jokowi, Kecuali FPI

Survei: Mayoritas Ormas Islam Dukung Jokowi, Kecuali FPI
Lembaga survei Konsep Indonesia (Konsepindo) menyatakan mayoritas ormas Islam mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019. Dari hasil survei, sebanyak 52,2 persen kalangan Nadhlatul Ulama memilih Jokowi-Ma'ruf. Sementara 38,8 persen sisanya memilih paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno.

Direktur Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman mengatakan, perolehan suara itu diambil 40,2 persen dari total 1.200 responden yang disurvei. Jumlah 40,2 persen itu merupakan hasil responden yang merasa menjadi bagian anggota atau sekadar simpatisan NU.

"Hasilnya mayoritas NU memilih Jokowi-Ma'ruf. Namun perolehan angka untuk Prabowo-Sandi juga cukup tinggi," ujar Veri saat memaparkan hasil survei di Jakarta, Rabu (13/3).


Sementara 46,2 persen kalangan Muhammadiyah juga memilih Jokowi-Ma'ruf. Sedangkan sisanya 31,3 persen memilih Prabowo-Sandi. Hasil itu diperoleh 6,4 persen dari total responden yang merasa menjadi bagian anggota atau sekadar simpatisan Muhammadiyah.

Sebanyak 66,7 persen kalangan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) juga memilih paslon nomor urut 01. Sementara 33,3 persen sisanya memilih Prabowo-Sandi.

"Suara mayoritas untuk Prabowo-Sandi berasal dari ormas Persis, FPI, dan Alkhairaat," katanya.

Dari hasil survei menunjukkan 83,3 persen kalangan FPI memilih paslon nomor urut 02. Sementara tidak ada yang memilih Jokowi-Ma'ruf dan 16,7 persen tidak memilih. Hasil itu diperoleh dari 0,6 total responden yang merasa bagian anggota atau sekadar simpatisan FPI.

Untuk Persis, lanjut Veri, dari 0,3 persen responden sebanyak 66,7 persen memilih Prabowo-Sandi dan 33,3 persen memilih Jokowi-Ma'ruf. Sementara Al Khairaat dari 0,1 persen responden sebanyak 100 persen memilih Prabowo-Sandi.

Post a Comment

0 Comments